Bonus Dari Rajamandala, Bandung Barat.


Perjalanan ke Rajamandala selama ini untuk saya pribadi merupakan rute gowes yang "menyeramkan". Kenapa? Ya pasti temen-temen juga paham lah ya gimana nanjaknya. Sebenernya mah nggak parah banget sih. Cumaaaa.... Karena ini adalah jalur utama keluar kota dari Bandung menuju Cianjur dan Rajamandala sendiri lokasinya berbatasan langsung sama Kabupaten Cianjur, jadi sugestinya itu rasanya jauuuhh dan paaanjaaang banget nanjaknya, padahal ya cuma sekitar 25 Km.

Destinasi utama saya awalnya adalah Jembatan Citarum lama. Sebuah jembatan di atas Sungai Citarum yang dulunya adalah jalur utama yag menghubungkan Bandung dengan Cianjur. Setelah jalur Tol Sasak Rajamandala kemudian dicabut status jalan berbayarnya, alias gratis, jalur Jembatan Citarum ini otomatis jadi sepi jooww.




Jalur ini relatif sepi jooww. Kayaknya mah buat goweser setempat, rute gowes ke Jembatan Citarum Lama ini merupakan salah satu rute gowes yang favorit. Ini saya lihat sendiri dari adanya warung di ujung jembatan ini, ada beberapa goweser yang nongkrong, dan di samping warung ini juga ada palang bambu yang biasa dipakai untuk bike rack sederhana.

Nah, menolak buat gowes di jalur yang biasa, saya nyoba blusukan, sok tau, masuk ke gang atau jalur-jalur pedesaan di Rajamandala. Intinya, buat saya, blusukan ngasal, yang penting mengarah ke timur, karena Bandung kan di arah timur kalo dari Rajamandala.

Ternyata jalur blusukan yang saya masuki, meski konsepnya bener-bener blind ride, yang saya temukan adalah rute gowes syahdu yang asik banget jooww..


Jalur ini pas banget buat gowes santai. Ngaspalnya ada. Sedikit gravel, makadamnya minim. Single track tanah juga lumayan asik, menyusuri lahan perkebunan warga. Yang tadinya cuma pengen main ke Jembatan Citarum Lama, justru malah pas blusukan ini yang saya beneran menikmati. Pokoknya gue banget lah!





Titik Start : Desa Haurwangi, Cianjur

Panjang Rute : 12 Km

Tekstur Jalan : Aspal, Gravel, Tanah, Makadam

Tipe Gowes : Cross Country

Titik Finish : Cipatat, Bandung Barat


Temen-temen bisa lihat perjalanan saya ke Rajamandala di video berikut :


Penasaran buat nyoba rutenya? Yuk?
Navigasi Komoot untuk rute ini silahkan temen-temen cek link berikut :

Posting Komentar

0 Komentar