Nih 9 Jembatan Apung di Waduk Saguling! Pernah Lewatin yang Mana Aja?

 


Waduk Saguling memang belum terlalu santer buat jadi target goweser Bandung. Paling banyak tahunya Saguling Loop via Cipatat-DAM Saguling-Cililin yang sering jadi tempat latihan endurance road bike atau tourer.

Tapi kalau enggak mau muter jauh Saguling Loop, bisa lewatin jembatan-jembatan apung yang tersebar di beberapa titik.

Nah jembatan apung paling terkenal buat para pegowes itu Jembatan Apung Surapatin. Soalnya ini jembatan apung pertama dan emang posisinya vital buat menyambung Kecamatan Saguling dan Batujajar. Makanya cukup ramai juga yang pakai jalan ini. Jadi banyak yang tahu.

Eh waktu saya eksplor lihat-lihat Google Earth, ternyata jembatan apung di area ini enggak cuma satu doang tapi ada banyak. Pas deh, kami coba susurin satu persatu dengan sepeda.

Adanya jembatan apung ini memang membantu akses warga sekitar. Soalnya bentuk Waduk Saguling kalau lihat peta mirip singkong baru dicabut begitu, bikin warga sekitar kudu muter jauh kalau enggak lewat jembatan apung.

Melewati jembatan-jembatan apung ini tapinya enggak gratis alias bayar. Buat pejalan kaki dan sepeda cukup Rp 2 ribu, kalau motor Rp 5 ribu. Mobil jelas enggak bisa yah!

Nah ini dia 8 jembatan apung di Waduk Saguling yang saya urutkan dari yang paling pendek hingga yang paling panjang. Metode pengukurannya jelas enggak akurat soalnya cuma pakai Google Earth saja.

Tambah lagi, jembatan apung ini bisa melar ciut mengikuti ketinggian air. So, kira-kira dibulatkan saja ya jaraknya.

Eh kalau ada badan survey yang mau mengukur panjang jembatan-jembatan apung di Waduk Saguling ini biar lebih akurat, sok lah saya temenin. Hehehe...

1. Jembatan Apung Cibacang (100 meter)

Biar kata jaraknya paling pendek, jembatan apung ini termasuk yang ramai. Soalnya menghubungkan Cibacang dengan KBP. Buat goweser yang mau ke KBP tanpa harus muter ke Tol Padalarang, bisa belok di Cimareme dan tembus langsung di dekat Al Irsyad KBP.

Jalur perkampungannya cukup syahdu. Cocok sih buat gowes pendek di akhir pekan.

2. Jembatan Apung Sasak Bodas (200 meter)


Sesuai namanya, jembatan apung ini punya ciri cat putih yang membedakan dengan jembatan apung lainnya di kawasan Waduk Saguling.

Posisinya rada terpencil, tapi cukup vital buat warga lokal yang kebetulan bekerja di pabrik-pabrik sekitaran Cimareme dan Padalarang. 

Secara view, emang enggak terlalu spesial. Tapi di sisi Timur Jembatan ada 'kafe' yang kalau akhir pekan hingar bingar sama ibu-ibu karaokean. Dari ujung jembatan aja udah kedengeran hebohnya!

3. Jembatan Apung Bucin (350 meter)


Yah biar kata namanya rada ngalay, ternyata Bucin itu singkatan dari Bunder-Cililin. Yep, jembatan-jembatan apung ini memang sebetulnya punya nama berupa singkatan dua daerah yang disambung jembatan tersebut.

Letak jembatan bucin ini paling pelosok, posisinya di jauh di selatan ketimbang jembatan apung lainnya di Saguling. Effortnya paling tinggi kalau mau ke sini.

Tapi effortnya terbayar sih, soalnya jembatan ini pemandangannya paling syahdu. Apalagi kalau saat hujan ada ombak-ombaknya gitu. Berasa di laut saja.

Oh iya ciri khas utama yang membedakan jembatan bucin dengan jembatan apung lainnya karena railing (pagarnya) full pakai baja ringan. Jembatan lainnya cuma pakai kayu tuh.


4. Jembatan Apung BCL-1 (370 meter)


Waktu saya lewati bulan Maret 2023 lalu, ini adalah jembatan apung yang baru jadi sekitar 2 bulan. Bisa dibilang paling muda. Warna catnya aja masih kinclong banget.

Posisinya emang rada jauh juga sih, sudah di dekat Rancapanggung. Menyambungkan kampung Balong dengan Cilengkrang, Bongas.

Nantinya akan ada sister bridgenya yaitu BCL-2 yang sekarang masih dibangun. Kalau sudah jadi pasti jadi favorit goweser yang turun dari arah Gununghalu atau Sindangkerta. Sebab bakal motong Rancapanggung. 

Otomatis enggak bakal bonyok digebukin rute rolling Rancapanggung yang ngehe itu. Tenaga sisa dikasih medan model gitu mah hadeh emang. 

"Ulah curhat njir..."


5. Jembatan Apung Merlin (380 meter)

Entah kenapa ya, buat saya Jembatan Apung Merlin ini paling berasa misterius dan syahdu.

Mungkin gara-gara aksesnya yang rada ngumpet, padahal dekat sama alun-alun Cililin. Sesuai namanya emang jembatan ini menyambungkan Mekarmukti, Cihampelas, sama Cililin.

Suasanya selalu sepi tiap saya lewat sini. Motor yang lewat juga jarang. Yang rame sih para pemancing sama orang pacaran aja. Kayaknya ada terosss kalo itu mah.

Oh iya jembatan merlin ini konstruksinya mirip sama bucin, pakai rangka baja ringan walau enggak totalan seperti bucin. Tiangnya hybrid dioplos kayu. Mungkin kurang dana ya sudahlah ya.

6. Jembatan Apung Bolang (416 meter) [UPDATED]


Sempat disangka akan bernama BCL2, ternyata saat jembatan ini dibuka  pada September 2023 namanya jadi Bolang yang singkatan dari Bongas-Batulayang.

asuknya dari pertigaan Bongas setelah pasar Rancapanggung. Lurus saja terus sampai ketemu Dermaga Bongas.

Emang enggak ada petunjuk arahnya sih, tapi tinggal tanya saja arah ke Dermaga Bongas.

Yang jelas kalau lewat rute ini enggak ketemu Jembatan Ciminyak. Kalau sampai bablas ke Jembatan Ciminyak yang hampir selalu ngebul kayak kebakaran gara-gara banyak tukang ikan bakar itu sih ya fix kelewatan.

Jembatan Apung Bolang ini rada-rada nyelip juga masuknya di belakang warung makan di Dermaga Bongas ya.

Tarif sama saja seperti jembatan apung lain. Motor dan pejalan kaki Rp 2.000, kalau motor Rp 5.000.

Soal panjang jembatan ini cukup wow juga. Dari ujung ke ujung 416 meter. Tahu dari mana? Ya Google Earth.

Itu berarti lebih panjang dari Jembatan Apung Merlin, tapi masih kalah panjang sama Surapatin.




7. Jembatan Apung Surapatin (460 meter)


Ngomongin jembatan apung di Waduk Saguling mah biasanya jembatan Surapatin ini yang disebut. Pokoknya kalau ada goweser yang ngajak ke jembatan apung, bisa jadi 80% maksudnya ke jembatan ini.

 Sebab ya tadi, paling banyak orang yang tahu sama jembatan apung Surapatin.

Suasana jembatan ini bisa dibilang paling hidup dan paling ramai. Wajar aja sebab jembatan apung ini adalah bapaknya jembatan apung lain.

Dulu sebelum adanya jembatan apung, akses warga biasanya pakai getek. Karena makin banyak yang pakai motor sehingga pakai getek makin ribet, akhirnya dibuatlah jembatan apung dan diikutin deh sama juragan getek lain.

Menghubungkan Kecamatan Saguling dan Batujajar, kalau enggak ada jembatan ini busyet muternya jauh banget. Satu jembatan apung ini aja udah bisa menghemat perjalanan sampai 30 km buat warga Saguling yang mau ke Bandung.

Oh iya jembatan apung ini termasuk terjal juga gradiennya kalau posisi air waduk lagi surut. Bisa sekitar 15-20 meter nanjaknya.

Siapin aja gear rendah. Kalau salah gigi di tengah tanjakan mah udah fix dorong itu!


8. Jembatan Apung Pasela (480 meter)


Menghubungkan Pangauban dan Selakopi, Jembatan Apung Pasela ini bisa dibilang paling sepi dibanding jembatan lainnya.

Posisinya emang rada nanggung sih, kejepit antara jembatan Apung Surapatin dan Jembalas. Aksesnya juga rada nyumput.

Tapi menurut saya pribadi, ya ini jembatan favorit saya. Udah mana sepi, viewnya paling spektakuler. Jaraknya yang panjang serasa nyebrang sungai-sungai di Kalimatan sana (padahal saya belum pernah ke Kalimantan kok bisa bilang gitu).

Tambah lagi kalau sore bener-bener bisa lihat matahari senja tenggelam di Saguling. Top banget emang.

Lantas kenapa sepi? Soalnya turun paling terjal dan nanjaknya paling edan. Posisi air lagi enggak surut aja dari sisi jembatan ke titik air bisa 30 meter.

Foto utama di atas, silakan kamu scroll lagi. Itu ekspresi enggak bohong dari Ayung saat melewati tanjakan di ujung jembatan ini.

Sepeda fullsus yang travel forknya di atas 140mm kalau enggak bisa ngontrolnya dijamin wheelie!


9. Jembatan Apung Alfian / Jembalas (520 meter)


Dan sampailah kita ke jembatan apung di Waduk Saguling dengan jarak paling panjang. Hampir setengah kilometer.

Sudah panjang, jembatan ini cukup ngehe kalau bawa sepeda. Deknya enggak rata dan kayunya jarang-jarang. Sudah itu ramai banget sama motor.

Yup, ramai karena jembatan ini bikin pemotor bisa skip Cipatik yang sering jadi simpul macet.

Dari Batujajar, bisa langsung Cihampelas. Sesuai namanya. Jembalas. Jembatan Batujajar Cihampelas.

Sekitaran 2022 lalu jembatan ini (yang saat itu namanya masih Jembalas) sempat putus karena ketabrak perahu. Enggak lama direnovasi, namanya jadi Jembatan Alfian.

Sekarang saya jadi heran, siapakah Haji Alfian itu?

Jawabnya ada, di ujung langit...

Kita ke sana, dengan seorang anak...

Anak yang tangkaaaas... dan juga ah elah kok jadi gini sih ujung-ujungnya.

Mending tonton saja aksi kami melewati 8 jembatan apung di Waduk Saguling ini dalam sekali jalan no reroute alias ga ada rute yang diulang, di VIDEO INI!



Posting Komentar

0 Komentar