Federal Ganti Freehub


Beberapa waktu lalu, setelah saya gowes uphill ke Bumi Perkemahan Andes, sebuah spot perkemahan di Desa Cilame, Kecamatan Soreang, yang merupakan salah satu rute uphill yang lumayan tenar di Bandung Selatan, sepeda Federal saya mengalami masalah pada freehub-nya. Parah? Ya waktu itu sih saya belum tau kayak gimana parahnya.

Gejalanya sih kadang-kadang pas saya gowes itu tiba-tiba suka loss gitu. Nah, makin lama kok makin sering los. Akhirnya saya bawa ke Mang Opik (OVXBIKE), eh ternyata beneran harus ganti freehub. Mang Opik waktu itu rekomendasikan freehub Novatec DO32sb/042sb.

Freehub Novatec seri ini punya 32 lubang dan bisa untuk sproket 8-11 speed. Wah, cocok nih. Sepeda Federal saya yang menggunakan 3x9 speed. Satu lagi yang sebuah nilai plus adalah freehub seri ini nyaris nggak ada suaranya jooww. Bener-bener demenan saya banget pokoknya.

Selama hampir 4 tahun saya aktif gowes, awalnya saya cuma punya sepeda MTB. Baru kemudian sekitar akhir 2020 saya beli sepeda Federal seri Citycat keluaran tahun 1992. Kondisinya memang seadanya. Berkarat, stem bengkok, rantai nyaris putus, rem yang seadanya. Setelah beberapa waktu, bertahap saya ganti part-partnya dengan part yang "kekinian", soalnya selain supaya lebih nyaman, saya juga males sih mesti hunting part original, dan kalaupun ada umumnya part bekas. Saya paling nggak yakin sama barang second hand, apalagi part barang yang saya bakal pakai terus-terusan seperti sepeda. Sekarang ini sepeda Federal yang saya pakai ini bisa dibilang yang original tinggal frame-nya aja deh 😁.


Freehub sebelumnya yang saya pakai adalah DT Swiss 240s. Saya pakai freehub ini selama 2 tahun terakhir ini, sebelum akhirnya somplak juga kemarin.

Sejujurnya, kalau membandingkan sama Novatec yang sekarang saya pakai, loncernya beda jauh jooww. Yang lama itu dulu saya bener-bener seperti melayang di jalan jooww, loncernya parah banget. Yang Novatec ini sih loncer juga sih, karena memang masih baru. Mudah-mudahan perfomanya bisa terus kayak gini untuk waktu yang lama. Aamiin

Saya sampai sekarang ini lebih sering gowes pakai sepeda Federal. Kenapa? Ya karena memang udah nyaman aja sama sepeda ini. Apalagi pada dasarnya saya ini memang seneng perjalanan jauh, sepeda Federal ini saya rasa bener-bener cocok sih. Freehub Novatec ini perdana langsung saya coba buat touring Bandung - Garut via Bandrek beberapa hari lalu. InsyaAllah videonya akan segera tayang di channel YouTube saya nanti.

Posting Komentar

0 Komentar