Touring Bandung - Tasikmalaya via Garut


Titik Start : Cibaduyut

Panjang Rute : 128 Km

Durasi : 9 Jam

Tekstur Jalan : Aspal

Tipe Gowes : Touring

Titik Finish : Bunderan Bypass Mangkubumi

Perjalanan touring sepeda dari Bandung menuju Tasikmalaya umumnya bisa ditempuh dengan 2 jalur pilihan. Pertama, jalur Malangbong, yang merupakan jalur yang banyak dijadikan pilihan karena memang jalur ini merupakan jalur nasional pantai selatan dari barat ke timur. Rutenya lebih landai, jalannya juga lebih luas dan bagus, tapi lalulintasnya lebih ramai. Sedangkan jalur melewati Kota Garut adalah jalur propinsi yang difungskan sebagai jalur alternatif. Kondisi jalannya sudah bagus, tapi lebih sempit..


Pada rute melalui Kota Garut, kondisi jalan sudah terbilang bagus, dan memang perbaikan dan pemeliharaan jalan masih terus dilakukan oleh pemerintah setempat. Yang membedakan rute ini dengan rute via Malangbong adalah medan jalan yang memang lebih menantang kalau temen-temen melakukan touring ke Tasikmalaya lewat Kota Garut.


Sepanjang perjalanan, temen-temen akan menemui beberapa tanjakan utama yang menurut saya ya lumayan sakit sih. Pertama, ada tanjakan Cicalengka. Ini lumayan panjang, dari mulai simpang Parakan Muncang sampai ke Yonif 330. Kedua, ada tanjakan Lebak Jero, kemudian Leuweung Tiis, dan yang terpanjang ada tanjakan Cilawu.

Tapi meskipun dosis nanjaknya lumayan, sepanjang jalur ini temen-temen bisa menikmati view perbukitan khas tanah Jawa Barat. Semakin syahdu selepas Cilawu, karena dari sini jalur mulai menurun sampai ke Singaparna, Tasikmalaya. Jalur hijau dan teduh menyusuri sungai entah apa namanya.

Kalau dilihat dari jarak tempuh, rute via Garut ini nggak terlalu jauh beda. Cuma kareana memang rutenya lebih menantang, waktu tempuh lewat rute ini pastinya lebih lama. Tapi seru kok. Kalau mau rute touring yang syahdu sih rute via Garut ini lebih saya sarankan. Lebih sepi lalulintas kendaraan bermotor, viewnya keren. Lengkap.

Posting Komentar

0 Komentar