Kenapa Ada Membership


Sebuah pertanyaan yang belakangan sering saya terima dari sebagian temen-temen. Sejak beberapa waktu lalu saya memang mulai memperkenalkan fitur membership di channel saya.

Awalnya adalah Trakteer, yang mulai saya perkenalkan sejak 3-4 bulan lalu di setiap video terbaru saya. Adalah sebuah kanal croud funding, dimana temen-temen yang menyukai apa yang saya lakukan dan saya kontribusikan pada temen-temen semua, lalu temen-temen sebagai gantinya bisa secara langsung memberikan support secara finansial kepada saya. Sebagai gantinya, saya kemudian juga memberikan benefit lain selain dari apa yang sudah saya kontribusikan sebelumnya khusus bagi temen-temen yang sudah memberikan support melalui kanal tersebut.

Lalu beberapa waktu lalu saya juga merilis fitur membership lainnya, kali ini langsung dari YouTube, yakni fitur tombol "Gabung" di setiap video yang saya tayangkan. Fitur ini sama persis dengan Trakteer, hanya saja bukan lewat kanal yang berbeda seperti Trakteer.

Kenapa membership?

Finansial. Alasan utamanya adalah soal ekonomi jooww. Dulu, saya upload video nyaris tanpa konsep. Yang penting gowes, ambil footage, edit, upload. Siklusnya gitu terus, sampai pada satu titik dimana saya mulai dapet masukan-masukan, kritik, dan permintaan-permintaan yang beragam berkaitan sama channel gowes saya. Wah, harus lebih serius nih. Harus bikin video yang lebih bagus nih, dan lain sebagainya.

Yang tadinya cukup pakai kamera aja, akhirnya saya mulai terpikir buat beli tripod, beli gear pelengkap lainnya. Awalnya sih enjoy aja. Namun lama-lama mulai kerasa juga sih. Ternyata kegiatan bikin konten ini butuh biaya jooww, dan saya nggak bisa terus sustain kalau harus terus-terusan merogoh kocek pribadi. Kalau ngandelin adsense mah.... Yah, gitu deh.. Nggak bisa diharapkan jooww.

Dari situ saya kemudian nyari cara supaya bisa tetep berkarya tapi nggak ganggu budget dapur rumah jooww. Akhirnya yang terpikir ya membership itu tadi.

Menambah keakraban sama temen-temen. Setelah saya mulai rilis Trakteer sebagai kanal membership di channel YouTube, alhamdulillah saya bisa menjalin komunikasi lebih akrab sama temen-temen yang bener-bener suka dan support apa yang saya kontribusikan. Beberapa diantaranya malah sudah beberapa kali ikutan gowes bareng. Bukan berarti yang nggak ikutan membership nggak saya anggap loh ya.. Bedanya membership dan non-membership, temen-temen yang sudah gabung membership, baik di YouTube atau di Trakteer, mereka bisa akses informasi lebih detail dan lebih awal dari temen-temen non-membership. Dan yang sudah membership juga punya kanal khusus untuk komunikasi dengan saya, seperti jadwal gobar, rute gowes, dll.

Apa manfaatnya?

Akses video lebih awal. Temen-temen yang gabung membership bisa menonton video-video saya lebih awal dari jadwal tayang normal. Saya punya jadwal tayang video baru di channel saya setiap hari Jum'at jam 5 sore. Temen-temen yang sudah gabung membership bisa nonton video-video tersebut 2-3 minggu lebih awal, plus semuanya tanpa tayangan iklan. Kenapa? Ya kan sudah support langsung, ya nggak perlu menayangkan iklan lagi di videonya

Navigasi Komoot. Karena bisa menonton lebih awal, tentunya temen-temen yang punya akses video-video itu juga bisa simak link navigasi Komoot di kolom deskripsi videonya. Nonton lebih awal, dapet bocoran rute juga lebih awal. Jadi temen-temen bisa langsung jajal sendiri rute yang ada di videonya. Tinggal ikuti navigasinya di Komoot, insyaAllah bebas nyasar.

Gobar. Setelah nyimak videonya, download navigasi rutenya, temen-temen juga nantinya bisa akses jadwal gowes bareng yang saya share di halaman khusus yang cuma bisa diakses oleh temen-temen yang sudah gabung membership.

Saya sepenuhnya sadar, apa yang saya berikan sebagai timbal balik atas semua support yang saya terima dari temen-temen semua masih jauh dari cukup. Untuk itu saya ucapin terima kasih sebesar-besarnya buat temen-temen semua yang sudah gabung membership, baik di YouTube atau di Trakteer. Semoga saya bisa lebih baik lagi baik dari segi konten, kualitas video, dan lain-lain. Aamiin..

Posting Komentar

0 Komentar