Explore Rute Gowes di Ciwidey

Ciwidey.. Oh Ciwidey... Dari dulu sampai entah kapan nanti, kayaknya nggak ada habisnya rute gowes syahdu di kawasan ini. Nuansa pepohonan rimbun dari perkebunan kopi. Hamparan hijau perkebunan teh yang mirip seperti karpet. Ini suasana yang selalu saya cari ketika gowes. Kali ini di Komoot saya mulai titk start dari Lanud Sulaiman dan finish kembali di Lanud Sulaiman. Tujuannya sih biar temen-temen yang mau nyoba full gowes bisa tau jarak totalnya.

Masih dari jalur yang sama ketika saya gowes dari Ciwidey menuju Gunung Halu, cuma bedanya kali ini saya sedikit rubah rutenya. Pokoknya selama masih bisa dilewati sepeda, jalur itu saya masuki. Meski sedikit meragukan, soalnya kan lumayan juga kalo ternyata buntu dan harus putar balik, tapi saya pikir kalaupun mesti putar balik, minimal saya masih tetap bisa menikmati view yang pemandangan banget, suasana yang syahdu yang memang selalu saya cari, dan juga jadi tahu kemana jalur misteri ini bakal membawa saya.

Suasana hutan yang cukup lebat di awal-awal perjalanan sudah menjadi indikator buat saya bahwa jalur ini bakalan jadi rute yang syahdu. Kebetulan ketika itu suasananya bener-bener sepi. Cuma bunyi krasak-kresek dari bungkus plastik berisi pisang goreng yang saya ikat di stang sepeda ketika menyusuri jalur makadam kecil menembus perkebunan kopi yang cukup lebat.

Kondisi jalan yang agak basah karena memang masih musim hujan, saya jadi cuma bisa gowes perlahan aja. Menikmati suasana hening, suara duet maut antara kicauan burung-burung liar dengan krasak-kresek bungkusan plastik di stang sepeda saya.

Sesekali saya berhenti. Heningnya langsung terasa. Damai banget jooww... Saya rasa temen-temen bakalan suka banget gowes ke rute ini. Kategorinya sih kalo dari tingkat kesulitan dan juga medan jalurnya menurut saya mah rute ini levelnya medium sih. Sepeda yang saya sarankan untuk main ke rute ini adalah MTB atau Gravel. Pastikan ban yang digunakan punya sedikit grip ya, jangan yang ban ngaspal, biar enak pas ketemu jalur tanah basah, apalagi bebatuan basah.

Titik Start : Lanud Sulaiman

Panjang Rute : 61 Km

Tekstur Jalan : Aspal, Gravel, Makadam, Beton

Tipe Gowes : Cross Country

Titik Finish : Lanud Sulaiman

Temen-temen yang mau saya pandu untuk Cycling Tour ke rute ini langsung hubungi saya ya. Dan buat temen-temen yang sudah support saya 2 cendol di Trakteer bisa langsung simak navigasi Komoot untuk rute ini pada link di bawah. Bisa langsung nyoba sendiri rutenya, nggak pake nyasar jooww..


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Kang ieu jalurna syahdu pisan, kumaha pengen dapet gpx na?

    BalasHapus