Kampung Cibodas Tengah. Satu Dari Banyak Spot Syahdu di Bandung Barat

Ini bisa dibilang salah satu rute syahdu di Bandung Barat. Kampung Cibodas Tengah namanya. Rute ini letaknya lumayan nanjak sih, karena memang yang syahdu-syahdu kan umumnya di daerah perbukitan, ya nggak?

Sampai sekarang saya masih rancu soal batas wilayah antara Kota Bandung, Kota Cimahi. Kabupaten Bandung, dan juga Kabupaten Bandung Barat. Nggak jelas banget batasan wilayahnya euy. Seperti rute kali ini, awalnya saya kira masih masuk ke wilayah Kota Cimahi, eh ternyata sudah di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Entahlah jooww..

Masuk dari Jl. H. Gofur, jalurnya terlihat menyenangkan, soalnya langsung mudun jooww. Tapi ya setidaknya sedikit lah. Karena setelahnya langsung nanjak lumayan panjang. Setidaknya temen-temen harus nanjak sejauh kurang lebih 3 Km dari dalan raya menyusuri Jl. H. Gofur ini. Lumayan dosisnya buat pemanasan sambil menikmati udara seger sepanjang jalan, karena menuju ke dataran tinggi, apalagi jalur dari H. Gofur ini bukan termasuk jalur yang ramai.


Sampai di persimpangan dimana saya bakal belok ke Kampung Cibodas Tengah, di sini aja udah syahdu banget loh. Lahan perkebunan sayur milik warga sebagian sudah dipanen, sebagian baru siap panen, ada juga yang malah baru ditanami. Suasana khas dataran tinggi dengan pemandangan perkebunan warga setempat di sisi kiri dan kanan in bkin nanjak-nanjak jadi nggak terlalu berasa euy..

Rute menembus Kampung Cibodas Tengah ini nggak terlalu panjang. Dari belokan pertama dari Jl. H. Gofur sampai tembuh ke Jl. Ciloa ini panjangnya sekitar 3 Km. Nggak panjang banget, namun syahdunya beneran maksimal jooww. Jalur yang saya lalui sebagian besar adalah jalur aspal yang sudah semi rusak bercampur endapan tanah perkebunan. Nggak terlalu lebar. Mungkin cukup untuk dilewati 1 mobil. Ini justru yang saya paling suka jooww..

Jalur khas perkampungan ini selalu punya sensasi yang selalu bisa bikin saya tersenyum bahagia. Sunyi. Cuma suara roda sepeda saya melintasi jalur berkerikil dan suara burung-burung liar. Ah, pokoknya syahdunya juara jooww...

Titik Start : Simpang Bypass - Cibaduyut

Panjang Rute : 48 Km

Durasi : 6 Jam

Tekstur Jalan : Aspal, Beton, Gravel

Tipe Gowes : Uphill Cross Country

Titik Finish : Simpang Bypass - Leuwi Panjang

Temen-temen yang mau nyoba rute ini bisa klik link navigasi/gpx Komoot di bawah, sekalian support ya. Cuma Rp.10.000 aja kok.


Atau temen-temen mau diantar untuk gowes ke rute ini? Hayu jooww...

Posting Komentar

0 Komentar