"Going Home is Another Adventure"
Sebagai weekend warrior yang hanya dapat kesempatan long ride seminggu sekali, ketika mendapatkan job di hari sabtu rasanya gimana gitu...
Jadi akhir tahun lalu saya ditawari jadi tukang foto di event Kertajati Run. Berhubung bakalan mobile alias spotnya enggak fix, saya disuruh bawa sepeda.
"Jadinya enak tuh muter-muter di venue. Loading aja sepedanya naikin ke bis," kata kawan saya yang jadi panitia.
Namanya job, ada duitnya. Yaudahlah korbanin aja dulu gowes minggu itu, pikir saya.
Lagian saya juga jadi bisa gowes-gowes di sekitaran bandara, lumayan buat ngonten-ngonten pura-puranya gowes sampai situ, hahaha...
Berhubung saya saat itu enggak tahu Kertajati di mana, buka Komoot ah. Iseng kalau bikin rute dari sana pulang ke Bandung.
Titik start saya, Bandara Kertajati, Majalengka itu berada di ketinggian 34 mdpl. Rumah saya di ketinggian 690 mdpl. Dan titik tertinggi di rute itu 870 mdpl di Tanjungsari, Sumedang.
Enggak sampai 1000m sih titik tertingginya dengan EG 1400-an meter.
Gunung Ciremai saat subuh... |
Tapi yang saya kaget pas survey rute di Komoot, jaraknya "cuma" 103 Km. Jarak yang mirip dengan rutinitas long ride saya tiap minggu.
Entah setan dari mana yang bisikin "Kenapa enggak sekalian aja jadiin tuh, pulang dari Kertajati ke Bandung digowes."
Lalu saya mantapkan ide itu dan yaudalah, ini kesempatan langka meskipun yang bakalan saya lakukan bakalan terbilang dongo sih.
Ibarat kata orang lain loading sepedanya biar ketemu turunan. Lah saya diloading sepedanya lalu gowes nanjak sampai Bandung.
Kurang jenaka apa tuh?
Apakah ini keputusan yang akan saya sesali? |
(Ini cuma intro. Yes.)
***
Riding for a Day on A Water Dispenser: HOT Switch Engage
Hari H tiba, event berjalan dengan sukses tanpa kendala. Namanya event lari jam 8 juga udah selesai. Saya yang bingung.
Harus tidur dulu sebab saya dari jam dua dini hari sudah bangun dan mondar mandir kemana-mana.
Berdasar pengalaman aja, kalau kurang tidur bikin ngantuk (pasti), enggak fokus, emosi enggak stabil, tenaga enggak keluar, pokoknya gowes ga bakalan bener.
Karena kepepet, saya paksakan tidur di musala dekat parkiran Kertajati dan sukses deh terbangun jam 10. Badan sudah segar, time for our stupidity, bois!
Memulai perjalanan di Kertajati jam 10 pagi itu ibarat sudah jam 2 siang kalau di Bandung. Sudah panas, anginnya juga enggak nolong.
Jalan akses utama Bandara Kertajati. Luas. Sepi. PANAS! |
Sedikit twist, saya pulang enggak lewat jalan raya utama Kadipaten-Tomo-Sumedang. Tapi lewat Ujungjaya-Conggeang-Sumedang.
Pilihan tepat kah? Dari sisi jalurnya memang lebih enak sepi dari kendaraan. Kondisi jalan juga enggak jelek-jelek banget.
Jalurnya melewati sisi barat bandara langsung ke Ujungjaya, jadi skip jalan utama yang ke arah Kadipaten. Melewati persawahan luas yang jalannya sih ya standar kampung deh.
Pagi itu anginnya belum kencang. Cuaca juga cerah banget. Otomatis, baru 15 menit gowes ini baju sudah basah keringat.
Batas Kertajati dengan Ujungjaya |
Sampai di Ujungjaya, saya langsung lari ke minimarket terdekat, buka kulkasnya dan bengong sekitar 1 menit. Ngadem. Puanasnya nggilani.
Dari Ujungjaya, jalurnya melintasi rute utama Tomo-Subang, tapi langsung belok lagi ke kiri ke arah Conggeang.
Menuju Conggeang. Pokoknya patokannya Gunung Tampomas di depan |
Kejenakaan dari Komoot, dari jalur alternatif itu dibelokin lagi ke jalur alternatifnya. Buset ini alternatif kuadrat. Melewati Cipelang dan masuk ke Babakan Asem, Conggeang.
Nah di Babakan Asem ini secara jalur sudah mulai adem ya, masuk hutan jati.
Tapi konturnya yang tadinya flat sudah nanjak. ASEM MEMANG YA SESUAI NAMANYA!
Sedikit segmen gravel di Babakan Asem, tapi mayoritas jalannya mulus... |
...menanjak melintasi ladang dan hutan jati. |
Di segmen yang saya sebut Conggeang Outback ini, jaraknya hanya 9 Km dari Babakan Asem dari Padaasih.
Enggak panjang, tapi bayangin start di ketinggian cuma 80 mdpl sampai Padaasih di ketinggian hampir 500 mdpl tengah siang bolong pula. Apa ini masokis namanya?
Tanjakan terjal di Hutan Jati |
Tapi yah ini sudah pilihan saya, nikmati aja. Sebetulnya pemandangannya bagus dan bisa dinikmati.
Perkaranya cuma cuaca saja yang suhunya tembus 35 derajat C waktu itu.
Panasnya bisa kebayang... |
Ada tiga tanjakan yang notable terjalnya sampai 16% di segmen itu. Sisanya ya naik turun rolling saja.
Sampai akhirnya di Padaasih saya memutuskan istirahat dulu. Cuaca makin panas dan perut makin lapar. Saya lihat jam, sudah jam 1 siang. Berarti cuma 2,5 jam doang ya dari Kertajati ke Conggeang...
Saking panasnya, ada angin tapi rasanya kayak disembur blower AC... |
Riding for a Day on A Water Dispenser: CHILL Switch Engage
Sembari minum teh 'cukup murah' (it's an anagram) dan makan bengbeng, perlahan awan mulai berkerumun di sekitaran Gunung Tampomas.
Yang tadinya panas terik, sekarang mulai adem meski tetap saja ambient temperaturenya gerah di situ.
Oke jalur alternatif dari jalur alternatif yang saya jalani ini harusnya tinggal lurus saja ikuti turunan ke bawah nanti sampai Nyalindung dan lanjut nanjak di jalan utama sampai Sumedang.
Tapi karena kejenakaan yang seakan tiada habisnya (asli sepanjang jalan saya suka ngakak sendiri), Komoot membawa saya berbelok lagi ke jalur alternatif menyusuri sawah dan perkebunan.
Segmen sawah ini yang justru tanjakannya paling terjal! |
Ini ibaratnya jadi jalur alternatifnya jalur alternatifnya jalur alternatif kalau gitu hey KOMOOT WTF!
Hanya saja harus diakui algoritma rute Komoot buat orang-orang model saya yang enggak masalah dikasih rute jenaka memang cocok sih. Pilihan jalur ini tepat banget!
Sudah mana pemandangan bagus, syahdu, pula. Tambah lagi sepi jarang ada yang lewat. (Meski ada satu tanjakan terparah dengan gradien 18%, jalannya rusak pula.)
Ada warga pula yang nanya, Aa... gak salah jalan ke sini? |
Emang lagi ngetes sproket 52T juga (artikel pengetesan dibikin terpisah ya) |
Tapi segmen yang cukup menyenangkan ini sangat memorable.
Tambah lagi suasananya sudah adem tidak terik tapi langit masih cerah.
Di kejauhan terlihat jelas Gunung Tampomas yang kalau bisa ngomong sudah pasti ngatain, "bego lu udah ada jalan bagus malah lewat sini dah yak emang manusia."
Melintasi CISUMDAWU KM 197 |
Tapi dengan jalur ini, saya menghindari turun ke Nyalindung dan nanjak lagi. Lah jadi dobel nanjaknya nanti. Lewat jalur itu saya langsung nongol ketemu jalan raya di Cimalaka. Yeeeee...
Menjelang Cimalaka udah asyik vibe-nya, soalnya emang udah di ketinggian... |
Dari Cimalaka apakah kejenakaan ini berakhir? Oh tunggu dulu, ada satu highlight terakhir sebelum masuk kota Sumedang yaitu Ranca Cicelot.
Ini cuma terasering sawah aja sih, hal yang sangat umum lah kalau gowes di sekitaran Bandung. Tapi ya mending saya belok situ.
Itu dari atas sana turunanya TERJUN! |
Sampai akhirnya saya baru sampai di Sumedang jam 3 sore karena kebanyakan istirahat dan dikit-dikit ngonten.
Endingnya terlihat antiklimaks memang... Nanjak dari Sumedang, lewat Cadas Pangeran, nanti lurus di Sukarno Hatta sampai rumah saya di Lagadar, Margaasih.
Lepas Sumedang, hujan. Lucu juga berangkat basah keringat. Sekarang basah keringat + air hujan.
Tapi kan saya sudah siap-siap. Ada jas hujan tapi enggak saya pake. Saya cukup pakai windbreaker Pollride aja (IKLAN DULU BOIS) karena emang belum deras.
Atau derasnya sudah lewat ya? Di Cadas Pangeran jalannya sudah basah banget sampai bisa ngaca. Sampai Tanjungsari sudah kering lagi. Masuk Bandung malah enggak ada tanda-tanda sudah hujan.
Terasa jelas perbedaan iklimnya pas dari Cileunyi masuk Bandung. Anginnya beda. Ini baru suasana gowes yang saya suka.
Tapi saat itu udah jam 7 malam juga, ini bukan waktunya menikmati gowes. Ini survival! Gimana caranya sampe rumah no matter what, tanpa badan penyok!
Akhirnya toh saya gowes dengan chill di suasana yang sudah chill itu, sampai rumah jam 9 malam. 103 km, 1400 EG, riding time sekitar 6 jam, avg speed cuma 15 km/jam.
Take your time... It's not a race |
Ternyata buat melawan rute yang HOT, cara terbaik ya harus CHILL. Itu pelajaran yang saya dapat hari itu.
Apakah mau saya ulang jalur ini? OGAH. Ini cukup sekali aja sih, dilakoni juga karena ada keperluannya.
Jadi kalau masih ada yang heran dan nanya kenapa enggak pulang lewat rute yang biasa-biasa aja:
"Read again my very first sentence above."
0 Komentar