Blusukan Cimahi - Cipatat

Setelah percobaan pertama saya sebelumnya untuk explore rute gowes di Bandung Barat, kali ini saya kembali menjelajah rute gowes di Bandung Barat lagi nih. Hasilnya? Mantab parah jooww..

Mencoba untuk menjauhi jalur jalan raya, gowes blusukan ini saya mulai dari seputaran Cimahi, menyusuri jalur kereta api sampai ke Padalarang. Ternyata jalur menyusuri rel kereta ini nggak bisa sepenuhnya di pinggir rel euy. Ada kalanya terpaksa harus masuk ke perkampungan dengan gang-gang sempit dan juga naik turun. Sebuah pengalaman yang menyenangkan juga tapi, bisa sedikit merasakan suasana pemukiman padat di pinggiran kota besar, mendengar sekilas obrolan warga setempat di halaman rumah mereka.

Jalur blusukan sempat terputus, karena terpaksa harus masuk ke jalan raya. Jalur blusukannya buntu jooww. PR buat nanti saya explore lagi supaya bisa full blusukan kampung tanpa masuk jalan raya.

Sampai ke daerah sekitaran Cipada, masuk lagi ke jalur perkampungan lagi. Segmen awal di jalur ini memiliki jalur yang sudah bagus. Kombinasi jalur beton dan aspal, sedikit nanjak banyak pudunan. Saya yakin temen-temen bakal senyum bahagian di segmen ini. Tapi ya harus waspada, karena masih daerah pemukiman.

Menolak jalur yang biasa aja, sedikit eksperimen ke sebuah jalan setapak tanah yang ternyata nanjak, nggak panjang sih, tapi ya lumayan kalo nanjaknya jalur tanah mah. Dugaan saya bener banget. Setelah nanjak sedikit, saya dan Om Agus ketemu sama jalur single track yang lumayan panjang jooww. Pas banget buat saya yang udah lumayan sakaw pengen gowes ke single track tanah model begini.

Menyusuri perkebunan entah apa namanya, rute di segmen ini memiliki jalur tanah dan semi gravel dan juga beberapa titik ada makadam juga. Yang bikin senyum bahagia adalah kontur jalur ini 80% adalah pudunan jooww. Sepeda MTB bakalan melibas jalur ini seperti baru terima uang gaji tanpa potongan kasbon.

Titik Start : Alun-Alun Cimahi

Panjang Rute : 33 Km

Durasi : 6-7 Jam

Tekstur Jalan : Dirt Road, Aspal, Beton, Gravel, Single Track

Tipe Gowes : Cross Country

Titik Finish : PUSDIKIF Cipatat

Temen-temen yang mau nyoba rute ini bisa ke link navigasi/gpx Komoot di bawah, sekalian support ya. Cuma Rp.10 ribu aja, temen-temen bisa akses semua link navigasi/gpx Komoot berbagai rute yang sudah saya lewati.


Atau mau saya antar gowes ke rute ini? Bisa banget jooww. Selengkapnya..



Posting Komentar

0 Komentar